AUGUSTE COMTE
·
Latar
Belakang (Riwayat Hidup)
Auguste Comte yang
lahir di Montpililer, Perancis pada 19 Januari 1798, adalah anak seseorang
bangsawan yang berasal dari keluarga berdarah Katolik. Namun, di perjalanan
hidupnya Comte tidak menunjukkan loyalitasnya terhadap kebangsawanannya juga
kepada Katoliknya dan hal tersebut merupakan pengaruh suasana pergolakan
social, intelektual dan politik pada masanya.
Pada tahun 1844 Comte
bertemu seorang perempuan yang bernama Clotilde de Vaux. Walaupun, Comte sangat
mencintainya hingga akhir hayat Clotilde tidak pernah menerima cinta Comte
karena sudah memiliki suami, walau suaminya jauh dari Clotilde de Vaux
meninggal pada tahun 1846 karena penyakit yang menyebabkan tipis harapan sembuhnya
dan Clotilde masih terpisah dengan suaminya.
Pada tahun-tahun terakhir
masa hidupnya, Comte mengalami gangguan kejiwaan. Comte wafat di Paris pada
tanggal 5 September 1857 dan dimakamkan di Cimetiere du Pere Lachaise.
·
Pandangan
Terhadap Sosiologi
Auguste Comte,
melihat perubahan-perubahan yang disebabkan adanya ancaman terhadap tatanan
social, menganggap bahwa perubahan tersebut tidak saja bersifat positif seperti
berkembangnya demokratisasi dalam masyarakat, tetapi juga berdampak negative.
Salah satu dampak negative tersebut adalah terjadinya konflik antarkelas dalam
masyarakat. Menurut Comte konflik-konflik tersebut terjadi karena hilangnya
norma atau pegangan (normless) bagi masyarakat dalam bertindak. Comte berkaca
dari apa yang terjadi dalam masyarakat Perancis ketika itu (abad ke-19).
Setelah pecahnya Revolusi Perancis, masyarakat Perancis dilanda konflik
antarkelas. Comte melihat hal itu terjadi karena masyarakat tidak lagi
mengetahui bagaimana mengatasi perubahan akibat revolusi dan hukum-hukum apa
saja yang dapat dipakai untuk mengatur tatanan social masyarakat.
Oleh karena itu,
Comte menyarankan agar semua penelitian tentang masyarakat ditingkatkan menjadi
suatu ilmu yang berdiri sendiri. Comte membayangkan suatu penemuan hukum-hukum
yang dapat mengatur gejala-gejala social. Namun, Comte belum berhasil
mengembangkan hukum-hukum social tersebut menjadi sebuah ilmu. Ia hanya memberi
istilah bagi ilmu yang akan lahir itu dengan istilah “Sosiologi”. Sosiologi
baru berkembang menjadi sebuah ilmu setelah Emile Durkheim mengembangkan
metodologi sosiologi melalui bukunya Rules of Sosiological Method. Meskipun
demikian, atas jasanya terhadap lahirnya Sosiologi, Suguste Comte tetap disebut
sebagai Bapak Sosiologi.
Comte jelaslah dapat terlihat progretivitasnya dalam memperjuangkan optimisme dari pergolakan realitas social pada masanya, dengan ilmu social yang sistematis dan analitis. Comte dikelanjutan sistematisasi dari observasi dan analisanya, Comte menjadikan ilmu pengetahuan yang dikajinya ini terklarifikasi atas dua bagian, yaitu social statik dan social dinamik.
Social static dan social dinamik hanya untuk memudahkan analitik saja terbagi dua, walapun begitu keduanya bagian yang integral karena Comte jelas sekali dengan hokum tiga tahapnya memperlihatkan ilmu pengetahuan yang holistic. Static social menerangkan perihal nilai-nilai yang melandasi masyarakat dalam perubahannya, selalu membutuhkan social order karenanya dibutuhkan nilai yang disepakati bersama dan berdiri atas keinginan bersama, dapat dinamakan hokum atau kemauan yang berlaku umum. Sedangkan social dinamik, ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai perkembangan masyarakat atau gerak sejarah masyarakat kepada arah kemajuannya.
Pemandangan Comte rasanya
dapat terlihat dalam penjabarannya mengenai ilmu pengetahuannya, yang
mengidamkan adanya tata yang jelas mengendapkan keteraturan social dan kemajuan
perkembangan serta pemikiran masyarakat kea rah positif. Sebagai seorang
ilmuwan Comte mengharapkan sesuatu yang ideal tetapi, dalam hal ini Comte
berbenturan dengan realitas social yang menginginkan perubahan social secara
cepat, revolusi social.
Comte terpaksa memberikan stigma negative terhadap konflik, lentupan-lentupan yang mnegembang melalui konflik dalam masyarakat karena akan menyebabkan tidak tumbuhnya keteraturan social yang nantinya mempersulit perkembangan masyarakat. Ketertiban harus diutamakan apabila masyarakat menginginkan kemajuan yang merata dan bebas dari anarkisme social, anarkisme intelektual. Keteraturan social tiap fase perkembangan social (sejarah manusia) harus sesuai perkembangan pemikiran manusia dan pada tiap proses fase-fasenya (perkembangan) bersifat mutlak dan universal, merupakan inti ajaran Comte.
Comte terpaksa memberikan stigma negative terhadap konflik, lentupan-lentupan yang mnegembang melalui konflik dalam masyarakat karena akan menyebabkan tidak tumbuhnya keteraturan social yang nantinya mempersulit perkembangan masyarakat. Ketertiban harus diutamakan apabila masyarakat menginginkan kemajuan yang merata dan bebas dari anarkisme social, anarkisme intelektual. Keteraturan social tiap fase perkembangan social (sejarah manusia) harus sesuai perkembangan pemikiran manusia dan pada tiap proses fase-fasenya (perkembangan) bersifat mutlak dan universal, merupakan inti ajaran Comte.
·
Hasil
Karya
Comte menganggap pernikahannya dengan Caroline merupakan kesalahan terbesar, berlanjutnya kehidupan Comte yang mulai memiliki kestabilan emosi ditahun 1830 tulisannya mengenai “Filsafat Positif” (Cours de Philosohie Positiv) terbit sebagai jilid pertama, terbitan jilid yang lainnya bertebaran hingga tahun 1842.
Tiga hal ini dapat menjadi ciri pengetahuan seperti apa yang sedang Comte bangun, yatu :
1. Membenarkan dan menerima gejala sebagai kenyataan.
2. Mengumpulkan dan
mengklasifikasi gejala itu menurut hokum yang menguasai mereka.
3. Memprediksi fenomena-fenomena yang akan dating berdasarkan hokum-hukum itu dan mengambil tindakan yang dirasa bermanfaat.
3. Memprediksi fenomena-fenomena yang akan dating berdasarkan hokum-hukum itu dan mengambil tindakan yang dirasa bermanfaat.
ALBION WOODBURRY SMALL (11
Mei 1854 – 24 Maret 1926)
·
LATAR
BELAKANG
Albion Woodburry Small lahir pada tanggal 11 Mei 1584 di Buckfield,
Maine. Ia pernah bersekolah di Andover Newton Theological School pada tahun
1876-1879. Setelah lulus dari Andover Newton Theological School, Albion
Woodburry Small melanjutkan pendidikannya di Universitas Leipzig dan
Universitas Berlin. Ia mempelajari tentang sejarah, ekonomi social dan politik.
Pada tahun 1888 sampai dengan tahun 1889, Albion Woodburry Small belajar sejarah di John Hopkins University di Baltimore, Maryland. Pada waktu yang sama Albion Woodburry Small juga mengajar di Univrsitas Colby.
Pada tahun 1892, ia mendirikan Departemen Sosiologi yang pertama di Unversitas Chicago. Ia memimpin departemen ini selama 30 tahun lebih. Pada tahun 1895, ia menerbitkan sebuah buku yang berjudul “The American Journal Of Sociology” yang berisikan tentang catatan ilmu kemasyarakatan orang Amerika. Ia sangat berpengaruh dalam penempatan sosiologi sebagai bidang ilmu yang diakui untuk studi akademis.
Albion Woodburry Small telah menjabat sebagai seorang sejarahwan sosiologi. Karyanya yang berjudul “General Sociology” yang berarti ilmu kemasyarakatan umum, merupkan bagian terpenting dari semua karya yang telah dihasilkannya. Albion Woodburry Small meninggal dunia pada tanggal 24 maret 1926 di Amerika Serikat.
·
PENGERTIAN
SOSIOLOGI MENURUT ALBION WOODBURRY SMALL
Albion Woodburry Small
mengemukakan pengertian sosiologi sebagai kepentingan social yang menyatakan
bahwa kepentingan berada ditangan manusia pribadi mapun kelompok dan dapat
dikategorikan kedalam masalah-masalah seperti kesehatan, kekayaan, pengetahuan,
keindahan, kebenaran dan sebagainya. Masyarakat dianggap sebagai hasil kegiatan
manusia untuk memenuhi kepentingan-kepetingannya.
·
HASIL-HASIL
KARYA ALBION WOODBURRY SMALL
Hasil karya Albion
Woodburry Small sebagai seorang sejarahwan sosiologi diantaranya yaitu :
1. “Introduction To The Study Of Society”(1894)
1. “Introduction To The Study Of Society”(1894)
2. “General
Sociology”(1905)
3. “The Meaning Of
The Social Science”(1910)
4. “Origins Of
Sociology”(1924)
GEORGE SIMMEL
·
Asal
Dan Silsilah George Simmel
Simmel adalah seorang
filosof dan sosiolog dari Jerman yang lahir di pusat kota Berlin pada tanggal
1Maret 1858, anak dari 7 bersaudara. Ayahnya adalah pengusaha sukes dari
Yahudiyang beraliran katolik, sedangkan ibunya mengkonversi ke aliran
protestan. Ayahnya meninggal saat Simmel masih muda, lalu Julius Friedlander
ditunjuk sebagai walinya. Friedlander adalah teman dari keluarga Simmel dan
pendiri penerbit internasional.
·
Latar
Belakang Pendidikan
Julius meninggalkan kekayaan
untuk Simmel yang dapat digunakannya untuk bersekolah hingga sarjana. Setelah
lulus dari kuliah gymnasium, ia mempelajari sejarah dan filsafat di Universitas
of Berlin dengan tokoh lain dan memperoleh gelar doctor filsafat pada tahun
1881 ( dengan tesisnya, “The Neture of Master Accordig to Kart’s Physical
Monocologi” ). Ia tetap di Universitas Berlin hingga selesai kuliah, tidak
seperti mahasiswa lain yang gemar berpindah-pindah. Karena itu ia menjadi
privat dozen (1901) dan diangkat menjadi Profesor Ausserordentliche oleh
pemilik akademi. Dan sejak saat itu, ia mulai produktif terhadap karya-karya
dan terkenal hingga USA dan Eropa.
·
Pendapat
Simmel Tentang Sosiologi
Menurut Simmel,
sosiologi adalah:
v Sosiologi adalah ilmu pengetahuan
khusus yang merupakan satu-satunya ilmu analisis yang abstrak diantara semua
ilmu kemasyarakatan.
v
Secara spesifik sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kedinamisan bentuk
proses kebudayaan yang menekankan hubungan interaksi social antar individu atau
antar masyarakat dimana keduanya adalah unsure yang saling ketergantungan dan
saling mempengaruhi.
·
Hasil
Karya Simmel
Selama hidunya,
Simmel menerbitkan 22 buku yang terdiri atas 200 esay dan dan artikel.
Diantaranya:
Philosophie des Geldes (1900)
Philosophie des Geldes (1900)
Soziologie (1908)
Uber Soziale
Differenzing: Soziologie Undpsykologische Untersuchungen, Leipzig (1890)
Probleme der
Geschichtsphilosopie: Eine Erkenntnistheoretische Studie, Leipzig (1892)
Hauptprobleme der
Phiosophie (1910)
Philosophische Cultur
(1911)
Lebesanschauung
(1918)
Concerning Social
Differentiation (1890)
Conflict of Modern Cultur
(1918)
IBNU KHALDUN (1332-1406 )
·
Latar
Belakang Pendidikan Ibnu Khaldun
Seorang sarjana sosiologi dari Italia, Gumplowiez melalui
penelitiannya yang cukup panjang, berpendapat, ”Kami ingin membuktikan bahwa
sebelum Auguste Comte (1798-1857M) dan Giovani Vico (1668-1744M) telah datang
seorang muslim yang tunduk pada ajaran agamanya. Dia telah mempelajari
gejala-gejala sosial dengan akalnya yang cemerlang. Apa yang ditulisnya itulah
yang kini disebut sosiologi. (Gumplowiez, Ibnu Khaldun, Arabischersoziologe des
14 jahrundert. Dalam ‘Sociologigsche Essays:PP.201-202).
Sejarawan dan Bapak Sosiologi Islam ini dari Tunisia. Ia keturunan Yaman dengan nama lengkapnya Waliuddin bin Muhammad bin Abi Bakar Muhammad bin Al Hasn. Namun ia lebih dikenal dengan nama Ibnu Khaldun. Keluarganya berasal dari Hadramaut (kini Yaman) dan silsilahnya sampai pada seorang sahabat Nabi Muhammad Nabi Muhammad SAW. bernama Wail bin Hujr dari kabilah Kindah, salah seorang cucu Wail, Khalid bin Usman, memasuki daerah Andalusia bersama orang-orang arab penakluk pada tahun ke-3 H(9 M). Anak cucu Khalid bin Usman membentuk satu keluarga besar bernama Bani Khaldun, dari bani inilah asal nama Ibnu Khaldun.
Ia lahir di Tunisia pada tanggal 27 Mei 1332 M (1 Ramadhan 732 H), tetapi sebenarnya ia dari Seville,Spanyol. Sejak kecil, ia sudah hafal Al-Qur’an. Di tanah kelahirannya itu ia mempelajari syari’at (tafsir, hadits, tauhid, fiqih) fisika dan matematika. Saat itu Tunisia telah menjadi pusat perkembangan ilmu di Afrika Utara.
Sejak usia muda,ia sudah mengikuti kegiatan politik praktis. Situasi politik yang tidak menentu di Tunisia, menyebabkan Ibnu Khaldun melakukan pengembaraan dari Maroko sampai Spanyol. Pada tahun 1375, beliau pindah ke Granada, Spanyol. Karena keadaan politik Granada tidak stabil ia menetap di Qal’at Ibnu Salamah di daerah Tilmisan,ibukota Maghrib Tengah (Aljazair) dan meninggalkan dunia politik praktis.
Tahun 746 H, studinya terhenti akibat terjangkitnya penyakit Pes di sebagian besar belahan dunia bagian timur dan bagian barat. Banyak korban akibat dari penyakit yang sedang melanda itu. Karena situasinya berubah, akhinya Ibnu Khaldun mencari kesibukan kerja serta mengikuti jejak kakeknya untuk terjun ke dunia politik. Berkat komunikasinya dengan tokoh-tokoh dan ulama terkemuka setempat telah banyak membantunya mencapai jabatan tinggi.
·
Karya-karya
Ibnu Khaldun
Sebagai sejarawan dan filsuf, ia memusatkan perhatiannya
pada kegiatan menulis dan mengajar. Saat itulah karya besar lahir dari
tangannya, yaitu :
1. Sebuah kitab Al-Ibrar wa Diwan Al-Mubtada’ wa
Al-Khabar fi Ayyamal Al-‘Arab wa Al-Ajam wa al-Barbar atau yang sering disebut
Al-Ibrar (Sejarah Umum), terbitan Kairo tahun 1284. Kitab ini terdiri atas 7
jilid yang berisi tentang kajian sejarah yang didahului oleh Muqaddimah (jilid
I), yang berisi tentang pembahasan masalah-masalah sosial manusia.
2. Muqaddimah (yang sebenarnya merupakan pembuka
kitab Al-Ibrar) popularitasnya melebihi kitab itu sendiri. Muqaddimah membuka
jalan menuju pembahasan ilmu-ilmu sosial. Menurut pendapatnya, politik tidak
bisa dipisahkan dari kebudayaan, dan masyarakat dibedakan atas masyarakat desa
(hadarah) dan kota (badawah). Oleh karena itu Ibnu Khaldun dianggap sebagai
peletak dasar ilmu-ilmu sosial dan politik Islam.
3. Sejumlah kitab yang bernilai tinggi
diantaranya At-Ta’rif bi Ibn Khaldun (autobiografi, catatan dan kitab
sejarahnya) dan kitab teologi yaitu Lubabal Al-Muhassal Afkar Usul Ad-Din
(ringkasan dari kitab Muhassal Afkar Al-Muttaqaddimin wa Al-Muta’akhirin karya
Imam Fakhrudi Ar-Razi dan memuat pendapatnya tentang masalah teologi).
·
Pengertian
Sosiologi
Dalam Muqaddimah ini pula Ibnu Khaldun menampakkan diri
sebagai ahli sosiologi dan sejarah. Menurutnya sosiologi adalah ilmu yang
mempelajari tentang solidaritas sosial. Teori pokoknya dalam sosiologi umum dan
politik adalah konsep ashabiyah (solidaritas sosial). Asal-usul solidaritas
sosial adalah ikatan darah yang disertai kedekatan hidup bersama. Hidup bersama
juga dapat mewujudkan solidaritas yang sama kuat dengan ikatan darah.
William Fielding Ogburn
·
Latar
Belakang
William Fielding
Ogburn lahir di Butler, Georgia pada tanggal 29 Juni 1886. Setelah beliau lulus
dari Universitas Penyalur Tekstil, Georgia pada tahun 1905, beliau menginginkan
untuk memasuki pekerjaan professional. Ogburn kemudian memulai studinya pada
bidang sosiologi. Beliau adalah seorang profesor sosiologi di sebuah Perguruan
Tinggi di Portland, Oregon. Selama 4 tahun beliau berda di sana. Kemudian
beliau kembali ke Universitas Columbia. Pada tahun 1927, Ogburn dipanggil ke
Chicago untuk mengajar pada sebuah Perguruan Tinggi. Beliau menerima gelar
akademis kehormatan LL.D dari almamaternya dan juga dari Universitas Carolina
Utara.
W.F. Ogburn merupakan ilmuwan pertama yang melakukan penelitian terinci mengenai proses perubahan yang sebenarnya terjadi. Beliau telah mengemukakan beberapa teori, suatu yang terkenal mengenai perubahan dalam masyarakat yaitu “ Cultural Lag” (artinya ketinggalan kebudayaan) adalah perbedaan antara tarif kemajuan dari berbagai bagian dalam kebudayaan dari suatu masyarakat. Ogburn berusaha untuk menunjukkan perbedaan-perbedaan antara teori biologis dengan berbagai teori evolusi tanpa mengesampingkan konsep evolusi secara menyeluruh. W.F. Ogburn akhirnya meninggal di Tallahassee, Florida pada tanggal 27 April 1959.
·
Pengertian
Sosiologi
Menurut William Fielding
Ogburn, Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan
hasil yang sebenarnya yaitu organisasi sosial. Beliau berusaha memberikan
pengertian tertentu, walaupun beliau tidak memberi definisi tentang perubahan
sosial. Beliau berpendapat bahwa ruang lingkup perubahan social mencakup unsur
kebudayaan yang materiil dan immaterial, dengan menekankan pengaruh yang besar
dari unsur-unsur kebudayaan yang materiil terhadap unsur-unsur immaterial.
·
Ajaran-Ajaran
Pokok
Beliau berpendapat
bahwa faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan suatu kebudayaan adalah :
1. Discovery (penemuan-penemuan)
Ogburn mengemukakan
ada sebanyak 150 perubahan sosial yang disebabkan oleh adanya radio.
2. Invensi
Ogburn mencatat ada 148 invensi atau penemuan semacamnya. Tiga bentuk efek dari invensi yaitu :
Ogburn mencatat ada 148 invensi atau penemuan semacamnya. Tiga bentuk efek dari invensi yaitu :
a) Dispensasi (efek beruntung) dari sebuah
invensi mekanik.
b) Sukses (efek sosial) lanjutan dari sebuah
invensi.
c) Konvergensi (munculnya beberapa pengaruh dari
beberapa invensi secara bersama.
3. Difusi
Yaitu penyebaran unsur-unsur budaya dari suatu kelompok ke kelompok lainnya.
Yaitu penyebaran unsur-unsur budaya dari suatu kelompok ke kelompok lainnya.
4. Akumulasi
5. Penyesuaian
·
Hasil
Karya (1886-1959)
W.F. Ogburn menemukan
penemuan baru yang dinamakan “ Social Invention” yaitu penciptaan
penegelompokkan dari individu-individu yang baru atau penciptaan adat-istiadat
baru, maupun perilaku sosial yang baru.
v “ Sosial Change with respect to culture
and original nature ” 1992
v “ American Marriage and family relationship
“ (dengan gorves) 1928
v “ Sosial Characters Stics of City “
1937
v “ The Social Effect of Autation “ 1946
v “ Technology and the changing family “
(dengan nirmkoff) 1953
Max Weber (1864 – 1920)
Max Weber seorang sosiolog, ahli ekonomi, sekaligus ahli ilmu
politik dari Jerman. Ia menghabiskan waktunya untuk mengajar di beberapa
tempat, antara lain di Berlin, Freiburg, Munich, dan Heidelberg. Salah satu
minat besar Weber adalah keinginannya untuk mengembangkan metodologi bagi
ilmu-ilmu sosial. Karya-karyanya sangat memberikan pengaruh terhadap para ahli
ilmu sosial abad dua puluh. Dalam analisis sosiologis ia mengajukan apa yang
disebutnya sebagai “idea types”, yakni model umum dari situasi sejarah yang
dapat dipakai sebagai dasar pembandingan antarmasyarakat. Ia melawan para
penganut Marx ortodoks saat itu yang mengatakan bahwa ekonomi merupakan faktor
yang penting dan sangat menentukan dalam kehidupan sosial.
Weber menekankan peran nilai-nilai religius, ideologi, dan
pemimpin kharismatik dalam memelihara kondisi masyarakat. Dalam karyanya, Protestant
Ethic and the Spirit of Capitalism (1920) ia mengembangkan suatu
tesis mengenai keterkaitan yang erat antara gagasan asketis sebagaimana
dikembangkan dalam Calvinisme dan kemunculan lembaga-lembaga kapitalis. Ia
merupakan tokoh yang cukup berpengaruh dalam penggunaan statistik sosiologi
dalam studi kebijakan ekonomi. Diantara karyanya yang lain adalah Wirtschaft
und Gesellschaft (Ekonomi
dan Masyarakat) serta General Economic History
Herbert Spencer (1820 – 1903)
Herbert Spencer lahir di Inggris pada tahun 1820. selain bidang
matematika dan pengetahuan alam yang ia tekuni, ia juga tertarik menekuni
bidang ilmu sosial. Ia mengemukakan sebuah teori tentang evolusi masyarakat dan
membaginya menjadi tiga sistem, yaitu sistem penahan, pengatur, dan pembagi. Sistem
penahan berfungsi
untuk memberikan kecukupan bagi kelangsungan hidup masyarakat. Sistem
pengatur berperan
memelihara hubungan antar sesama anggota masyarakat dan dengan masyarakat lain. Sistem
pembagi dapat dilihat
wujudnya dalam proses evolusi yang semakin maju. Ia memandang ketiga sistem itu
dapat memainkan peranan yang sangat penting dalam proses pembangunan sebuah
negara. Paham evolusi dari Spencer meyakini bahwa masyarakat akan berubah dari
masyarakat yang homogen dan simpel, kepada masyarakat yang heterogen dan
kompleks, selaras dengan kemajuan masyarakat. Spencer melihat bahwa masyarakat
bukan sebagai satu kelompok individu tetapi sebagai satu organisme yang hidup
dan mempunyai berbagai keinginan. Hasil karya Herbert Spencer antara lain Social
Statics (1850), The
Study of Sociology (1873),
danDescriptive Sociology (1874).
Charles Horton Cooley (1864 – 1929)
C. H. Cooley lahir di Michigan, Amerika Serikat. Pada mulanya,
dia belajar teknik mesin elektro, kemudian dia juga belajar ekonomi. Setelah
lulus akademis dia bekerja di pemerintahan seperti di Departemen Komisi
Pengawas, kemudian juga di Kantor Sensus. Pada tahun 1892, dia menjadi dosen
ilmu ekonomi, politik, serta sosiologi di Universitas Michigan. Cooley
tergolong dalam sosiolog interaksionisme simbolik klasik. Sumbangannya kepada
sosiologi tentang sosiologi dan interaksi. Menurutnya, diri (self) seseorang berkembang
melalui interaksi dengan orang lain lewat analogi diri yang melihat cermin (looking glass self), yaitu
diri seseorang memantulkan apa yang dirasakannya sebagai tanggapan masyarakat
terhadapnya. Cooley juga memperkenalkan konsep primary group, yaitu kelompok
yang ditandai oleh pergaulan dan kerja sama, serta tatap muka yang intim.
Cooley dalam mengemukakan teorinya terpengaruh oleh aliran
romatik yang mengidamkan kehidupan bersama, rukun, dan damai, sebagaiman
dijumpai pada masyarakat-masyarakat yang masih bersahaja. Dia prihatin melihat
masyarakat-masyarakat modern yang telah goyah norma-normanya, sehingga
masyarakat-masyarakat bersahaja merupakan bentuk ideal yang terlalu
berlebih-lebihan kesempurnaannya. Hasil karyanya antara lain uman Nature
and Social Order (1902),Social Organization (1909), dan Social
Process (1918)
Emile Durkheim (1858 – 1917)
Durkheim yang memiliki nama lengkap David Emile Durkheim,
dilahirkan pada tanggal 15 April 1858 di Epinal ibu kota bagian Vorges,
Lorraine Prancis bagian timur. Durkheim dikenal dengan teori solidaritas atau
konsensus sosialnya. Teorinya ini tidak terlepas dari berbagai peristiwa dan
skandal yang ia saksikan di Prancis.
Teori Durkheim yang lain adalah gagasannya mengenai kesadaran
kolektif (conscience
collective) dan gambaran kolektif (representation collective). Gambaran kolektif
adalah simbol-simbol yang memiliki makna yang sama bagi semua anggota sebuah
kelompok dan memungkinkan mereka untuk merasa satu sama lain sebagai
anggota-anggota kelompok. Gambaran kolektif adalah bagian dari isi kesadaran
kolektif. Kesadaran kolektif mengandung semua gagasan yang dimiliki bersama
oleh para anggota masyarakat dan menjadi tujuan atau maksud kolektif.
Karya Durkheim dapat disebutkan antara lain, De la Division du Travail Social:
Etude des Societes Superieur (1893), Le
Suicide: Etude de Sociologique(1877) yang mengupas soal bunuh diri
dalam tinjauan sosiologi serta sebuah karya mengenai sosiologi agama berjudul Les
Formes Elementaires de la vie Religique en Australie (1912).
Pierre Guillaurne Frederic Le Play (1806 –
1882)
Le Play, seorang Perancis, adalah salah seorang ahli ilmu
pengetahuan kemasyarakatan terkemuka abad ke-19. Dia berhasil mengenalkan
suatu metode tertentu di dalam meneliti dan menganalis gejala-gejala sosial
yaitu dengan jalan mengadakan observasi terhadap fakta-fakta sosial dan
analisis induktif. Kemudian dia juga menggunakan metode case
study dalam
penelitian-penelitian sosial.
Penelitian-penelitiannya terhadap masyarakat menghasilkan dalil
bahwa lingkungan geografis menentukan jenis pekerjaan, dan hal ini mempengaruhi
organisasi ekonomi, keluarga serta lembaga-lembaga lainnya. Keluarga merupakan
objek utama dalam penyelidikan. Dia berkeyakinan bahwa anggaran belanja suatu
keluarga merupakan ukuran kuantitatif bagi kehidupan keluarga sekaligus
menunjukkan kepentingan keluarga tersebut. Akhirnya dikatakan bahwa organisasi
sosial keluarga sepenuhnya terikat pada anggaran keluarga tersebut.
Karya-karyanya yang telah diterbitkan antara lain European
Workers (1855), Social
Reform in France (1864), The
Organization of the Family (1871),
dan The Organization of Labor (1872).
Selo Soemardjan
·
Latar Belakang
Selo Soemardjan adalah seorang
ahli sosial yang lahir di Yogyakarta 23
Mei 1915. Lelaki yang juga dijuluki Bapak Sosiologi Indonesia ini sebenarnya
adalah seorang staf pengajar lmu sosial di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu
Sosial dan Politik Universitas Indonesia.
Tokoh sosiologi Indonesia ini adalah
seorang yang mempunyai disiplin tinggi dan lebih senang memberikan contoh
konkret terhadap peserta didiknya. Di usianya yang sudah tidak lagi muda,
seharusnya Selo Soemardjan sudah bisa menikmati masa pensiunnya dengan tenang,
namun karena pengetahuannya tentang ilmu sosial yang masih diperlukan, pihak
Universitas Indonesia memintanya untuk kembali mengajar setelah masa pensiun.
·
Pendidikan
1. HIS, Yogyakarta (1921-1928)
2. MULO, Yogyakarta (1928-1931)
3. MOSVIA, Magelang (1931-1934)
4. Universitas Cornell, Ithaca, New York, AS (Sarjana, 1959
Doktor, 1959)
·
Karya Buku
1.
Social Changes in
Yogyakarta (1962)
2.
Gerakan 10 Mei 1963 di
Sukabumi (1963)
3.
Desentralisasi
Pemerintahan
·
Penghargaan
2. Gelar ilmuwan utama sosiologi 30 Agustus 1994
3. Anugerah Hamengku Buwono (HB) IX dari Universitas Gadjah Mada
(UGM) pada puncak peringatan Dies Natalis Ke-52 UGM tanggal 19 Januari 2002
Vedi R. Hadiz
·
LATAR BELAKANG
Vedi R. Hadiz (lahir 1964) adalah ilmuwan sosial Indonesia yang bekerja sebagai
Professor of Asian Societies and Politics pada Asia Research Centre, Murdoch
University, Australia dan sebelumnya sebagai Associate Professor pada Jurusan
Sosiologi Universitas Nasional Singapura (NUS). Ia juga pernah
bekerja pada Asia Research Centre, Universitas Murdoch, Australia, sebagai
Research Fellow. Di samping itu, ia juga merupakan Adjunct Professor di
Departemen Sosiologi Universitas Indonesia. Ia lulus S1 dari
FISIP-Universitas Indonesia dan memperoleh gelar PhD di Murdoch University pada
tahun 1996. Di Jakarta ia pernah bekerja di Prisma (LP3ES) sebagai anggota Dewan
Redaksi dan peneliti SPES (Society for Political and Economic Studies). Karya
tulis ilmiahnya pernah terbit di Indonesia dalam jurnal Prisma dan di luar
negeri dalam jurnal Development and Change, Third World Quarterly, Pacific
Review, Journal of Contemporary Asia, Critical Asian Studies, Historical
Materialism, dan lain-lain. Ia memperoleh Future Fellowship dari Australian
Research Council pada tahun 2010.
·
Karya
Di antara bukunya
dalam bahasa Inggris adalah :
1. Workers and the State in New Order Indonesia (Routledge 1997)
2. Reorganising Power in Indonesia: The Politics of Oligarchy in
an Age of Markets (bersama Richard Robison, RoutledgeCurzon 2004)
3. Localising Power in Post-Authoritarian Indonesia: A Southeast
Asia Perspective (Stanford University Press 2010)--dan sebagai editor:
4. Empire and Neoliberalism in Asia (Routledge 2006)
5. Social Science and Power in Indonesia (bersama Daniel
Dhakidae, ISEAS/Equinox 2005)
6. Indonesian Politics and Society: A Reader (bersama David
Bourchier, RoutledgeCurzon 2003)
7. The Politics of Economic Development in Indonesia: Contending
Perspectives (bersama Ian Chalmers, Routledge 1997).
Bukunya dalam
Bahasa Indonesia antara lain
1. Politik, Budaya dan Perubahan Sosial (Gramedia 1992)
ARIEF
BUDIMAN
·
Latar Belakang
Arief Budiman (lahir di Jakarta, 3
Januari 1941; umur 70 tahun), dilahirkan dengan nama Soe Hok Djin, adalah
seorang aktivis demonstran Angkatan '66 bersama dengan adiknya, Soe Hok Gie. Pada waktu itu ia masih menjadi mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia di Jakarta. Ayahnya seorang wartawan yang bernama Soe Lie Piet.
Sejak
masa mahasiswanya, Arief sudah aktif dalam kancah politik Indonesia, karena ia ikut menandatanganiManifesto Kebudayaan pada tahun 1963 yang menentang aktivitas LEKRA yang dianggap memasung kreativitas kaum seniman.
Kendati
ikut melahirkan Orde
Baru, Arief bersikap sangat
kritis terhadap politik pemerintahan di bawahSoeharto yang memberangus oposisi dan kemudian diperparah dengan
praktik-praktik korupsinya. Pada pemilu 1973, Arief dan kawan-kawannya mencetuskan
apa yang disebut Golput atau Golongan Putih, sebagai tandingan Golkar yang dianggap membelokkan cita-cita awal Orde Baru untuk
menciptakan pemerintahan yang demokratis.
Belakangan
Arief "mengasingkan diri" di Harvard dan mengambil gelar Ph.D. dalam ilmu sosiologi serta menulis disertasi tentang keberhasilan pemerintahan
sosialis Salvador
Allende di Chili.
Kembali
dari Harvard, Arief mengajar di UKSW (Universitas Kristen Satya Wacana) di Salatiga. Ketika UKSW
dilanda kemelut yang berkepanjangan karena pemilihan rektor yang dianggap tidak
adil, Arief melakukan mogok mengajar, dipecat dan akhirnya hengkang ke
Australia serta menerima tawaran menjadi profesor di Universitas Melbourne. Ia adalah seorang yang hebat.
Pada
bulan Agustus 2006, beliau menerima penghargaan Bakrie Award, acara tahunan yang disponsori oleh keluarga Bakrie dan
Freedom Institute untuk bidang penelitian sosial.
·
Karya Buku
2. Esei mengenai Sastra Kontekstual
3. Chili di bawah pemerintahan Salvador Allende (skripsi untuk
gelar Doktor sosiologi pada Universitas Harvard)
·
Kutipan
"Saya terima
penghargaan ini sebagai penghinaan. Saya ini orang kiri yang menolak paradigma
modernisasi dan pembangunanisme, tetapi saya malah mendapatkan penghargaan dari
orang kanan.", Pidatonya saat menerima penghargaan Achmad Bakrie 2006.
GEORGE JUNUS
ADITJONDRO
·
Latar Belakang
o George Junus Aditjondro (lahir di Pekalongan, Jawa Tengah, 27
Mei 1946; umur 65 tahun) adalah seorang sosiolog asal Indonesia.
o Ia pernah jadi wartawan
untuk Tempo. Pada sekitar tahun 1994 dan 1995 nama Aditjondro menjadi dikenal luas sebagai pengkritik
pemerintahan Soeharto mengenai kasus korupsidan Timor Timur. Ia sempat harus meninggalkan Indonesia ke Australia dari tahun 1995 hingga 2002 dan dicekal oleh rezim Soeharto
pada Maret 1998. Di Australia ia menjadi pengajar di Universitas
Newcastle dalam
bidang sosiologi. Sebelumnya saat di Indonesia ia juga mengajar di Universitas Kristen Satya
Wacana.
o Sepulangnya dari Australia,
Ia menulis beberapa buku kontroversial yang dia rangkum dari internet, koran
maupun gossip, namun bukan berdasarkan penelitian sendiri, menurut Amien Rais
(Kompas27/12/2009)
o Saat hendak menghadiri
sebuah lokakarya di Thailand pada November 2006, ia juga dicekal pihak imigrasi Thailand .
o Pada akhir bulan desember
2009, pada saat peluncuran buku "membongkar gurita cikeas", Ia
memukul Ramadan Pohan (seorang anggota DPR RI), yang kemudian melaporkan
kejadian pidana tersebut kepada Polisi. Beberapa lama setelah peluncuran
bukunya terakhir, Membongkar
Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Century, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyalurkan keprihatinanya atas isi buku tersebut.Buku itu sempat ditarik dari etalase toko walaupun pada saat
itu belum ada keputusan hukum terhadap peredaran buku itu.
MANASSE MALO
·
Latar Belakang
Prof. Dr. Manasse Malo (Waingapu, Sumba Timur, 2 Mei 1941 - Waikabubak, 6
Januari 2007), adalah seorang sosiolog, pendidik, danpolitikus Indonesia. Ia ikut mendirikan Partai
Demokrasi Kasih Bangsa dan pada 1999 terpilih menjadi
anggota Dewan Perwakilan RakyatRepublik Indonesia, mewakili daerah
pemilihan Kabupaten
Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.
Manasse
dilahirkan di Waingapu dalam sebuah keluarga pendeta Gereja Kristen Sumba, yaitu Pdt. Herman Malo Ndapatondo dan istrinya, Yuliana.
Manasse
menempuh pendidikannya di SMP Kristen Rara di Sumba Barat, dan kemudian melanjutkan ke SMA Kristen di Salatiga, lalu keSekolah Tinggi Teologi Jakarta. Ia memperoleh kesempatan untuk memperdalam studinya di
Universitas Wisconsin , Madison, Wisconsin, Amerika
Serikat, hingga memperoleh
gelar master pada 1972 dan doktor dalam ilmu sosiologi pada 1978.
MOCHTAR NAIM
·
Latar Belakang
Mochtar Naim (lahir di Nagari Sungai Penuh, Kerinci, Jambi, 25 Desember 1932; umur 78 tahun)
merupakan antropolog dan sosiolog Indonesia. Selain sebagai sosiolog ternama,
Mochtar Naim tampil kemuka sebagai ahli Minangkabau. Dalam beberapa
seminar dan tulisan-tulisannya, Mochtar kerap membagi budaya Nusantara kepada
dua konsep aliran. Polarisasi budaya yang digambarkan Mochtar adalah konsep
budaya yang bercirikan sentrifugal yang diwakili oleh budaya M (Minangkabau),
berlawanan dengan konsep budaya sentripetal-sinkretis yang diwakili oleh budaya
J (Jawa).
Mochtar
Naim lahir dalam keadaan sungsang. Ketika ia berusia lima tahun, ibunya
meninggal saat melahirkan adiknya. Ayahnya yang merupakan seorang pedagang
kecil, pergi menikah kembali. Dalam masa kecilnya itu, Mochtar diasuh keluarga
ibunya yang berasal dariBanuhampu,
Agam, Sumatera
Barat. Di nagari tersebut,
Mochtar sekolah hingga merampungkan SLA-nya di Bukittinggi.
Ia
melanjutkan studi sarjananya ke tiga universitas sekaligus, Universitas Gadjah Mada, PTAIN, dan Universitas Islam Indonesia, yang kesemuanya di Yogyakarta. Kemudian studi masternya dilanjutkan di Universitas McGill, Montreal. Melengkapi jenjang pendidikannya, Mochtar mengambil gelar
PhD-nya di University
of Singapore.
Mochtar
tercatat sebagai pendiri Fakultas Sastra Universitas Andalas, 1980, dan sejak itu ia menjadi dosen sosiologi universitas
yang sama. Sebelum itu ia pernah duduk sebagai Direktur Pusat Latihan
Penelitian Ilmu-ilmu Sosial Universitas Hasanuddin di Makassar, dan Direktur Center for Minangkabau Studies, Padang.
IMAM B. PRASODJO
·
Latar Belakang
Dr. Imam B. Prasodjo (lahir di Purwokerto, Jawa Tengah, 15 Februari 1960; umur 51 tahun) adalah seorang sosiolog dan tokoh masyarakat dari Indonesia.
Saat
ini ia menjadi dosen tetap fakultas
ilmu sosial dan politik (FISIP) Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Prasodjo juga merupakan ketua dari
Yayasan Nurani Dunia, yaitu sebuah yayasan yang berkecimpung dalam bidang
sosial dan pendidikan bagi kalangan yang kurang mampu dari segi ekonomi.
Prasodjo
merupakan lulusan dari Brown University, Rhode Island, Amerika Serikat. Ia kerap kali muncul sebagai narasumber di berbagai acara
TV, maupun seminar yang diselenggarakan oleh universitas. Ia juga pernah
menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum pusat masa bakti 1999-2004.
Prasodjo
saat ini telah menikah dengan seorang wanita bernama Gitayana Budiardjo.
10 komentar
thanks banget buat ini, bermanfaat banget bwt bantu pr sekolah gw.. thank youu
BalasHapusHalo, terimakasih kembali ya :)
Hapusmakasih buat ilmunya kawan :D
BalasHapussama-sama yaaaa ;;) hehe
Hapusthanks yaa, sangat membantu :D
BalasHapusyou are welcome yaaa :)
Hapusjelek banget sih infonya! gaguna banget sih kaya taiii
BalasHapusmakasih ya :)
HapusMembaatu banget, thanks a lot😊
BalasHapussama-sama yaaa :)
Hapus